Kosmologi Buddhis


31 Alam Kehidupan



    Seperti yang telah di jelaskan di post sebelumnya, mahkluk hidup berkelana di 31 alam kehidupan. di tiap alam kehidupan, mahkluk -mahkluk memiliki karakteristik mental dan jasmani yang berbeda tergantung pada kesadaran kelahiran kembali mereka (patisandhi citta). Mahkluk-mahkluk yang belum memiliki Jhana atau samadhi konsentrasi yang kuat tidak akan bisa terlahir ke alam rupa maupun arupa brahma. Mahkluk-mahkluk kebanyakan berada di alam kamma-loka atau alam sensual. Di sini mahkluk-mahkluk menikmati kepuasan indrawi.

    Alam karma-loka ini di mulai dari alam terendah, neraka avici tingkat ke-7 hingga alam surga tingkat ke 7 paranimmitavassavati . Di karma loka terdapat pula alam peta atau hantu, alam jin atau asura , alam hewan. Di sini manusia di kategorikan sebagai alam surga tingkat-1 sebab berbeda dari alam dugati atau menderita, manusia masih bisa hidup bahagia sedangkan mahkluk di alam lain seperti mahkluk neraka, hantu, dan hewan tidak bisa merasakan kebahagiaan. Namun semua itu tentu bergantung pada karma masing-masing.
 
      A. First Chapter: Surga Kamma-Loka


 Saat ini, banyak orang sering membicarakan surga. Banyak orang pula mengidamkan untuk pergi ke surga di karenakan kebahagiaan dan umur yang panjang di alam ini. Belum lagi di percaya, di alam ini ada taman yang indah beserta malaikat dan bidadari yang cantik. Lalu bagaimana penjelasan tentang alam ini? dan bagaimana supaya bisa terlahir di surga?

  1. Alam surga Catumaharajikka. Alam empat raja dewa yang sering berhubungan dengan alam manusia.
 Alam surga ini adalah alam surga pertama setelah alam manusia. Mahkluk-mahkluk di alam ini beraneka macam ada yang baik ada pula yang bertabiat buruk. Manusia sering mengartikan mahkluk di alam ini sebagai jin dan siluman. Perlu di ketahui bahwa mahkluk di alam ini bukanlah mahkluk hantu petta sebab mereka tidak selalu menderita seperti hantu gentayangan serta kesadaran kelahiran mereka berbeda dari hantu. Kehidupan mereka sama seperti manusia hanya saja umur mereka lebih panjang dari manusia. Umur kehidupan mereka di ketahui berlangsung selama 9 juta tahun umur manusia. Ada beberapa kategori mahkluk yang ada di surga ini diantaranya:

  • Yakkha (seperti elves) yang tinggal di hutan dan di gunung-gunung. Di Atanatiya sutta mereka di gambarkan senang menyanyi dan menari. Kerajaan tempat para Yakkha ini tinggal di sebutkan bernama Alakamanda, Visna. Di kerajaan Visna terdapat danau Dharani dan balai pertemuan Bhagalavati. Raja dari para Yakkha ini di kenal sebagai Raja Vessavana yang berkuasa di daerah utara gunung Mahameru.

Vessavana (another name: Kuvera)
king of Yakkha living in the north
Reference: https://www.accesstoinsight.org/tipitaka/dn/dn.32.0.piya.html









Komentar

Postingan Populer